KULIAH MUTHALAAH 3 (23 Jan. 2010)

Baca muthalaah…

About these ads

23 Tanggapan

  1. penjelasan ini masihlah berhubungan dengan pada penjelasan sebelumnya.yaitu ada sebuah kesimpulan yang dapat kita tela’ah lagi bahwa ahruful muqotho’ah(huruf-huruf yang terputus)itu hanyalah Allah yang tahu semata.Akan tetapi disisi lain menurut versi Ibnu Abbas yang telah meriwayatkan bahwa bacaan”Aliflaammiim”,yang pada setiap hurufnya mempunyai arti sendiri-sendiri,yaitu Alif yang bermakna Ana,sedangkan Lam itu merupakan Lafdzul Jalaalah yang berarti Allah,sedangkan Mim itu sendiri berasal dari lafadz A’lam.
    Ibnu Abbas juga meriwayatkan bahwa bacaan lain semisal”Aliiflaammiimshood”itu mempunyai makna Ana Allah Afshol(Aku(Alloh) yang maha penyambung),sedangkan Aliiflaamroo”itu mempunyai makna Ana Allah Aroo(Aku(Alloh)yang maha melihat.Maka dari hal itu terkadang para ahli tafsir menyimpulkan bahwa biasanya satu huruf itu mempunya makna yang banyak atau satu sifat mempunyai arti yang banyak pula.dari hal tersebutlah,Fakhuddin Al rozi mengatakan bahwa dari bacaan Aliiflaammiim itu dimaknai Alif yang berarti Ahad atau Alloh yang maha satu,sedangkan Laam itu bermakna Lathif yang berarti Alloh yang maha lembut,dan Mim itu bermakna Alloh yang maha penguasa,penjaga

  2. ya, penulis sudah memaparkan pernyatannya di paragraf ini menurutnya . pada bacaan “Kaafainshat” didalamnya mengandung makna pujian untuk Allah, pada huruf kaf yang bermakna pujian Allah Maha menyeluruh, Ha bermakna Allah maha Tenang, Ain bermakna Allah itu Maha mengetahui atas kepercanyaan yang telah diberikan. dan disebutkan pula oleh Ibnu Jurairi berdasarkan perkataan Ibnu Abbas bahwa huruf kaaf ( kabir dan karim ) bermakna Maha besar dan mulia, huruf Ya bermakna Allah itu ( yajiruun ) kaya, dan Ian bermakna ( Aziz dan adlu ) berkuasa dan Adil.
    dari hal tersebut at-Thibri menyatakan bahwa huruf-huruf tersebut hanya sebagian dari 29 huruf hijaiyyah. dan ini bukanlah huruf biasa melainkan huruf dari ( akronim ) singkatan asma Allah. dan diriwayatkan juga oleh isa ibnu maryam menyatakan huruf alif kata kunci dari asma ( Allah ) Lam kata kunci dari asma Allah juga yaitu ( lathif / lembut ), dan mim kata kunci dari Asma ( Mujid ).

  3. puny fery salah tempat

  4. menurut peragraf ini ataw materi kedua.
    Pastinya iya penulis sudah memaparkan dan menyatakan bahnwa huruf2 muqatta’ah itu adalah huruf2 untuk memuji Allah Rabbul izza waljalal terutama pada lafat atau aawal surat maryam (kaaafhaayaa”aainshaad) itu semua menunjukkan untuk memuji Allah yang maha kuasa
    adapun menurut riwayat thabri dapat dari rabi’ bin anas ( t139h ) huruf yang menunjukan pujian bagi Allah itu hanya diaambil dari sebagian huruf hijaiyah yang 29 huruf. huruf2 ituppun bermacam-macam pengertianya ada yang menunjukan pembukaasma Allah,dll.
    sedangkan menurut ‘isa bin maryam itu semua menunjukan Nama2 Allah dan sifat2nya untuk lebih jelasnya buka tafsir al-kabir lirrazy 1/7. dan di tafsir thabri 1/208

  5. telah di paparkan sebelumnya maksud pernyataan bait ini pendapatnya pada kalimat “kaf ha ya ‘ain shad”, yang mana didalamnya mengandung nama-nama dan sifat-sifat allah yang agung, kaf menunjukan allah itu maha sempurna, ha menunjukkan allah itu maha pemberi petunjuk, ‘ain menunjukkan allah itu maha mengetahui, dan shad menunjukkan allah itu maha dipercaya. dan dikatakan oleh ibnu jariir dari ibnu abbas bahwa huruf kaf itu menunjukan arti kebesaran dan keagungan Allah, ya’ menunjukan pertolongan, dan ‘iain menunjukan kebijaksanaan dan keadilan Allah pada semua makhluknya sedangkan menuru thabri itu semua berasal dari huruf hijaiyah yang 29 huruf. huruf2 itu tidak lain hanya menunjukan pembuka nama allah dan sifat2nya,dlldan menurut isa bin maryam tidak jauh beda dengan yang diatas bahwa sebagian huruf hijaiyah itu menunjukan arti untuk memuji Allah dll.

  6. “kaf ha yaa ain shot ” didalam ayat ini mengandung asma Allah yang menunjukkan Kaf menunjukkan makna Allah Maha Sempurna, Ha menunjukkan makna Allah Maha Pemberi, Ain menunjukkan makna Allah Maha Mengetahui, Yaa menunjukkan makna bahwa Allah Maha penolong dan Shot menunjukkan makna bahwa Allah Maha dipercaya. dan menurut thabri itu semua berasal dari hurfu hijaiyyah yang 29 yang tidak lain menunjukkan makna Asma Allah dan menurut Isa bin Maryam hampir sama dengan thabri bahwa sebagian huruf hijaiyyah itu menunjukkan makna memuji Asma-asma Allah. begitu lah jawaban saya ustad… kurang lebihnya mohon maaf bila ada kekurangan dan kelebihan. Wassalam…

  7. pada lafazd KAF HA’ YA ‘AIN SHAD… Masing-masiing huruf tersebut mempunyai kepanjangan dan arti yang sangat penting sekali kita ketahui,huruf KAF mempunyai kepanjangan KAFIYAN (Maha sempurna), HA’ kepanjangannya HADIYAN (Maha pemberi petunjuk) ‘AIN kepanjangan ‘ALIMUN (maha mengetahui) dan SHAD kepanjangannya Shadiqun menunjukkan arti (maha benar).
    ibnu jarir dari ibn abbas mengatakan bahwa KAF menunjukkan arti KABIR DAN KARIM (Maha besar dan maha mulya) dan YA’ kepanjangannya YAJIRU ( ) DAN ‘ain kepanjangannya ‘AZIZUN DAN ‘ADLUN (maha mulya dan adil) ….
    arrabii’ mengatakan bahwa lafadz ALLAH …huruf alif pada lafadz tersebut adalah pembuka nama Allah mempunyai arti ALA ILLAH(MAHA PENGUASA)…lam pada lafadz tersbut menunjukkan arti latif (maha lembut) dan mim menunjukkan arti majidun (maha pemurah)…Huruf Alif seribu tahun huruf lam tigapuluh tahun huruf mim empat pluh tahun..ALHAMDULILLAHIRABBIL ‘ALAMIN……………… UST DA SELESAI TERNYATA TUGASNYA NILAINYA JNGAN LUPA YA……….PALING RENDAH NILANIYA A++++ OK……………….SYUKRAN YA SEBELUM DAN SESUDAHNYA MOHON RIDHO ILMUNYA YA KALAU ADA SALAH MOHON DIMAAFKAN LAHIR DAN BATIN……

  8. Didlam lafadz “KAF HA’ ‘AIN SHAD”..Sudah jelas yang dmna didlam kata2 itu tersendiri mengandung arti yaitu:

    KAF adalah KAFIYAN yang berarrti maha sempurna..HA adalah HADIYAN yang berarti tenang..AIN adalah Alimun yang berarti mengetahui..SHAD adalah Shadiqun yang berarti benar..

    Dari kata2 diatas telah jlas bahwasanya didalam lafadz “KAFHAYA’AINSHAD” terdapat pujian yang terlantun kan hanya untuk ALlah SWT..

    Menurut riwayat Thabri yang terdaapat dari Rabi’ bin Annas huruf yang mengandung pujian yang diamdil dari huruf hijaiyyah yang 29 itu, hanya milik Allah SWT.

    Sedangkan menurut Isa bin Maryam tak jauh berbeda dengan riwayat Thabri hanya saja Isa mengatakan bahwasanya sebagian dari huruf2 hijaiyyah itu memiliki kata2 kunci..Seperti Alif Laf dan Mim..

    Trima kasih..
    Hanya ini yg ana mampu yaa ustadz..
    kurang lebihnye dari penjelasan ana..
    Ane mnta mf..

  9. Bismillahirrahmanirrahim..
    Allahumma shalli ala Muhammadin Wa’ala alihi Washohbihi ajmain..

    Lafadz “Kaf Ha Ya ain Shad” mengandung makna yaitu:

    Kaf bermakna Kafiyan yaitu (Maha sempurna)..Ha bermakna Hadiyan yaitu (memberi perunjuk)..Ain bermakna Alimun yaitu Mengetahui..Sedangkan Shad bermakna Shadiqun yaitu (Maha benar)..

    Dalam riwayat thabri yang terdapat dari rabi bin annas yang mengatakan..didalam huruf hijaiyyah yang 29 itu adalah mengandung makna, yang bermakna pujian2 untuk Allah swt..

    Sedangkan isa bin maryam huruf hijaiyyah adalah kata kunci..seperti Alif kata kunci dari asma Allah..Lam kata kunci dari asma allah yaitu Latif..dan mim juga begitu yang yaitu mujid..

    Syukron..

    Wabillah Attaufik wal Hidayah..
    Wassalamualai kum warahmatullah wabarokatuhu..

  10. pada alenia ini, penulis menjelaskan bahwa pada huruf muqatto’ah Kaf-Ha-Ya-Ain-Shad ini merupakan pujian dari Allah pada diri-Nya sendiri yang di mana pada Kaf-Ha-Ya-Ain-Shad ini memiliki makna-makna tersendiri seperti pembahasan sebelumnya. seperti yang di serbutkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Abbas bahwasannya pada huruf muqotto’ah Kaf menunjukkan bahwa Allah itu Kabir (Maha Besar) dan Karim (Maha Mulia).adapun Ya menunjukkan bahwa Allah adlah Khobir (Maha Mengetahui), sedangkan pada ‘Ain menunjukkan bahwa Allah itu Aziz (Maha Perkasa) dan Adil (Maha Adil).
    riwayat Tobro dari Robi’ Ibnu Anas juga mengatakan bahwa pada huruf muqotto’ah ini berkisar dua puluh sembilan huruf yang semuanya berbahasa. pada satu huruf muqotto’ah itu sendiri merupakan nama-nama Allah, nikmat dan cobaan-Nya, masa suatu kaum dan batas waktu terakhirnya. Nabi Isya As Ibnu Maryam berkata bahwa keanehan berbicara mereka ada pada nama-nama Allah yaitu huruf perkataan mereka merupakan simbol terhadap nama-nama Allah swt. dan mereka hidup dalam rezeki-Nya. lalu mengapa mereka ingkar?Rabi berkata bahwa alif merupakan nikmat ALLOH,lam merupakn maha lembut Alloh,dan mim merupakan maha mulia Alloh,pada huruf muqotho’ah Alif-Lam-Mim menurut tafsir Thobra bahwa alif satu tahun,lam 30 tahun,dan mim 40 tahun.

  11. Pembahasan ini masihlah membahas tentang huruuful muqotho’ah,salah satunya adalah Kaf-Ha-Ya-Ain-Shad ini merupakan pujian dari Allah pada diri-Nya sendiri yang mana pada setiap hurufnya mengandung makna yang luas,sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Abbas bahwasannya pada huruf muqotto’ah Kaf menunjukkan bahwa Allah itu Kabir (Maha Besar) dan Karim (Maha Mulia).adapun Ya menunjukkan bahwa Allah adlah Khobir (Maha Mengetahui), sedangkan pada ‘Ain menunjukkan bahwa Allah itu Aziz (Maha Perkasa) dan Adil (Maha Adil).
    Pada riwayat lain disebutkan bahwa hampir semua huruf muqotho’ah itu terdapat banyak sekali makna yang tersirat didalamnya.Bahkan ada suatu riwayat yang menyebutkan bahwa semua huruf muqotho’ah merupakan min asmaillah,dan bisa juga terdapat suatu makna daripada beberapa kejadian akan siksaan Alloh maupun nikmat allohpada satu huruf muqotto’ah itu sendiri merupakan nama-nama Allah, nikmat dan cobaan-Nya, lalu mengapa mereka ingkar?Rabi berkata bahwa alif merupakan nikmat ALLOH,lam merupakn maha lembut Alloh,dan mim merupakan maha penjaga nya Alloh

  12. Lafad “Kaf haa yaa ain shot ” mempunyai kepanjangan dan arti tersendiri huruf menunjukkan arti Kafian ( Maha Sempurna ),Haa menunjukkan arti Haian ( Maha Pemebri Petunjuk ), Yaa menunjukkan arti yajiru, Ain menunjukkan arti Alimun ( Maha mengetahui ), dan shot menunjukkan arti Shodikun ( Maha Banar ). menurut Ibnu Jariri dari Ibnu Abbas Kaf menunjukkan arti kabir ( Maha Besar ) dan karim ( Maha Sempurna ) dan yaa menunjukkan makana Yaajiru, serta Ain menunjukkan arti Azizi ( mulia ) dan adil. pada lafadz Allah huruf Alif menunjukkan arti pembuka Nama Allah dan Lam menunjukkan arti Lathifun ( Maha Lembut ), Mim menunjukkan arti Majidun ( Maha Pemurah ) Alif setahun, Lam 30 tahun serta Mim 40 tahun. Alhandulillah Akhirnya selesao juga tugas saya….. jangan lupa Ustadz nilai A+++

  13. Di dalam lafadz ” Kaf ha yaa ain shot ” merupakan suatu keagungan Allah. dalam huruf Kaf menunjukkan bahwa Allah Maha sempurna, dan huruf Haa menunjukkan bahwa Allah itu Maha Petunjuk, yaa menunjukkan bahwa Allah itu Maha Agung, Ain menunjukkan bahwa Allah itu Maha Mengetahui dan Maha Besar. dari Ibnu Jabbir dari Ibnu Abbas sesungguhnya ia mengatakan bahwa huruf Kaaf itu menunjukkan allah Maha Besar dan Maha Mulia dan huruf Ain menunjukkan bahwa Allah itu Maha perkasa dan Maha Adil. sebagaiaman yang diriwayatkan oleh Thabari dari Rabi’ bin Annas huruf yang terpotong itu ada 29 huruf itu merupakan Asma Allah. dan Isa bin Maryam berkata, ia berbicara dalam Asma-asma Allah, Rabi’ berkata : permulaan huruf alif merupakan permulaan Asma Allah dan permulaan huruf Lam itu dari nama Allah yang menunjukkan makna lembut, dan permulaan huruf Mim menunjukkan Allah itu Maha mulia. Alif itu satu tahun, Lam 30 tahun dan Mim 40 tahun.

  14. sebenarnya pada pembahasan ini tidak jauh berbeda dengan penjelasan yang sebelumnya, lebih tepatnya lagi ini bisa disebut sebagai penjelasan atau penegasan dari pembahasan sebelumnya yaitu : kaf menunjukkan bahwa Allah Maha Manguasai atau Menyeluruh, Haa menunjukkan bahwa Allah Maha Petunjuk, Ain menunjukkan Allah Maha Benar. Dan Thabari menjelaskan bahwa huruf muqatha’ah ini merupakan huruf pembuka dari surah yaitu : membuka atau mengawali nama dari Asma Allah. ketika kita mengingkari hal ini berarti kita juga mengingkari dari nama-nama Allah salah satunya Ar-razaq, jadi ketika kita meningkari bahwa Allah Maha Pemberi Rezeki berarti kita kufur dengan Asma allah.

  15. pada paragraf ini masuhlah membahas huruf muqathta’ di antaranya pada lafadz “kha ha yaa ain shot” yang mana lafadz tersebut sebagai mana sebagian ulama menafsirkan pada lafadz kha ha yaa ain shot merupakan dari nama allah khaf yang artinya allah maha besar, ain allah maha perkasa, yaa allah maha penolong. dan attobari meriwayatkan dari robi bin annas beliau berkata huruf-huruf ini itu merupakan bagian 29 huruf -hurufnya yang di mana didalamnya terdapat berbagai macam makna dan bukan merupakan dari padanya kecuali sebagai pembuka dari nama allah,

  16. Di dalam lafadz ” Kaf ha yaa ain shot ” merupakan suatu keagungan Allah. dalam huruf Kaf menunjukkan bahwa Allah Maha sempurna, dan huruf Haa menunjukkan bahwa Allah itu Maha Petunjuk, yaa menunjukkan bahwa Allah itu Maha Agung, Ain menunjukkan bahwa Allah itu Maha Mengetahui dan Maha Besar. dari Ibnu Jabbir dari Ibnu Abbas sesungguhnya ia mengatakan bahwa huruf Kaaf itu menunjukkan allah Maha Besar dan Maha Mulia dan huruf Ain menunjukkan bahwa Allah itu Maha perkasa dan Maha Adil. sebagaiaman yang diriwayatkan oleh Thabari dari Rabi’ bin Annas huruf yang terpotong itu ada 29 huruf itu merupakan Asma Allah. dan Isa bin Maryam berkata, ia berbicara dalam Asma-asma Allah, Rabi’ berkata : permulaan huruf alif merupakan permulaan Asma Allah dan permulaan huruf Lam itu dari nama Allah yang menunjukkan makna lembut, dan permulaan huruf Mim menunjukkan Allah itu Maha mulia. Alif itu satu tahun, Lam 30 tahun dan Mim 40 tahun.
    Balas

  17. Pada bab ini menjelazkan bahwasanya didalam lafadz “KAF HA YA AIN SHOD” terdapat suatu pujian untuk Allah SWT. Yang dimana dalm huruf Kaf mengandung arti yaitu Kafiyan(maha Sempurna) Ha yaitu Hadiyan(memberi petunjuk) Ain mengandung arti Alimun(mengetahui) dan Shod yang berarti Shodiqan(yang maha benar)..
    Dalam riwayat At-Thobiri yang besumber dari Robi’ bin Annas yang mengatakan dalam huruf hijaiyyah yang 29 itu merupakan Asma2 Allah.. serta di tambahkan oleh Isa bin Maryam..Didalam huruf2 hijaiyyah itu sebagianya terdapat sebagai kunci dari asma2 Allah..yaitu Alif Lam dan Mim..

    Mudah2an jelas ya pak ya..
    kurang dan tak lebihnya Ana minta maaf

  18. Pada paragraf ini masih menjelaskan tentang huruf mukqatta’ah yaitu membahas tentang huruf kaf ha ya ain sod bahwasanya pada hueruf kaf itu menunjukkan bahwa Allah itu kafian(maha sempurna), ha menunjukkan bahwa Allah itu hadian(maha pemberi petunjuk),ain menunjukkan bahwa Allah itu ‘alim(maha mengetahui)dan sod menunjukkan bahwa Allah itu sodiq(maha benar).
    Ibnu meriwayatkan dari Ibnu Abbas dia mengatakan bahwa huruf kaf itu mengandung arti kabir(maha besar), karim(maha mulia), huruf ya mengandung arti yujiru, ‘ain mengandung arti aziz dan ‘adl.

  19. iya……paparan pada paragraf ini menerangkan bahwa “kaf ha ya ‘ain shad” itu adalah sanjungan Allah atas dirinya sendiri. yaitu huruf “kaf” menunjukkan bahwa Allah itu Kafiyan (sempurna), “ha” menunjukkan bahwa Allah itu adalah Hadiyan (Maha Pemberi Petunjuk), ‘ain” menunjukkan bahwa Allah adalah Alim (Maha Mengetahui), dan “shad” menunjukkan bahwa Allah Shadiq (Maha Benar). dan disebutkan oleh Ibnu Jarir dari Ibnu Abbas menyatakan bahwa “kaf” itu berarti Karim (Maha Mulia) dan Kabir (Maha Besar), “ya” itu adalah yujiru, dan “ain” itu ‘Adl (Maha Adil) dan ‘Aziz (Maha Agung).

  20. Paragraf ini masih berhubungan dengan paragraf sebelumnya yang mana masih membahas masalah huruf muqata’ah yang terdapat pada awal surah di dalam al-qur’an. Paragraf ini menjelaskan tentang huruf muqata’ah yaitu lafad ” khafhaya’ainshad ” yang mana pada lafadz ini dikatakan mengandung arti pujian bagi Allah, ” khaf ” berarti kafiyan ( maha sempurna ), ” ha ” berarti hadiyan ( maha pemberi petunjuk ), ” ‘ain ” berarti ‘alim (maha mengetahui ), ” shad ” berarti shadiq ( maha benar ). Dan disebutkan pula oleh ibnu jarir dari ibnu abbas bahwa ” khaf ” berarti kabir wa karim ( Allah maha besar dan mulia ), ” ya’ ” berarti Allah ( yajiru ), ” ‘ain ” yang berarti ‘aziz dan ‘adl ( maha agung ). Dari riwayat At-Thobari dari Rabi’ bin Annas mengatakan bahwa pada huruf hijaiyyah yang 29 itu merupakan asma-asma Allah. Dan dikatakan juga oleh Isa bin Maryam berkata dalam asma-asma Allah, permulaan huruf alif merupakan permulaan asma Allah,permulaan huruf lam itu menunjukkan bahwa Allah itu maha lembut, dan huruf mim menunjukkan bahwa Allah maha mulia. Alif menunjukkan 1 tahun, lam 30 tahun, mim 40 tahun.

  21. Pembahasan ini tidak jauh berbeda dengan pembahasan yang lalu hanya saja pada paragraf ini dibahas tentang huruf ” khafhaya’ainshad “, yang mana pada lafad ini dikatakan mengandung arti mangagungkan Allah. ” khaf ” kafiyan ( maha sempurna ), ” ha ” hadiyan ( maha pemberi petunjuk ), ” ‘ain ” ( maha mengetahui ), “shad ” ( maha benar ).Ibnu jarir juga menyebutkan dari ibnu Abbas bahwa ” khaf ” kabir wa karim ( maha besar dan mulia), ” ya’ ” ( yajiru ), ” ‘ain ” ‘aziz dan ‘adl ( maha agung dan adil ). Dari riwayat At-thobari mengutip dari Rabi’ dikatakan bahwa huruf hijaiyyah itu merupakan asma Allah. Isa bin Maryam berkata dalam asma Allah, Rabi’ berkata permulaan alif merupakan permulaan asma Allah, permulaan lam menunjukkan Allah maha lembut, permulaan mim menunjukkan Aallah maha mulia. Alif 1 tahun, lam 30 tahun, mim 40 tahun.

  22. ya….penulis menguraikan tentang penjelasn paparan elinea sblumnya,,,dan ia berpendapat bahwa dari lafad “kaf, ha, ya, ‘ain, shod,”memiliki arti atau pengerlian sendiri dari setiap huruf- hurufnya,,seperti halnya yang dikatakan penulis bahwa huruf (kaf, ha, ya, ‘ain, shod,”) memiliki arti yang mana lafadz tersebut merupakan pujian dari Allah untuk dirinya,dengan perincian bahwa “kaf” menunjukan bahwa ALllah itu maha menyeluruh pada hambanya. dan “ha” menunjukan bahwa Allah maha pemberi hidayah,dan ” ya” bahwa Allah itu “yajir” dan “‘ain” menunjukan bahwa Allah itu maha mengatahui….” shod”mengandung arti bahwa Allah maha benar.dan berkaitan dengan itu sebagaimna yang dikatakan oleh ibnu Jarir dari ibnu Abbas berpendapat bahwa, huruf ” kaf ” itu itu mengandung arti bahwa ALlah maha besar dan maha mulia, dan “‘ain” Allah maha adil dan maha bijaksana.

  23. Alhamdulillah smg bemanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: