Hermeneutik Teologis Bultmänn

Hemeneutik, adalah pendekatan filosofis pilihan lain (alternative) yang dapat dijadikan pijakan dalam memahami pesan-pesan Tuhan melaui kitab suci teresbut. Hanya saja bagaimana warna yang ditawarkan oleh hermeneutic tersebut untuk memahami kitab suci, dapatkah ia menjawab tuntutan dari dinamika masyarakat?.  Bultmänn, adalah salah seorang teolog Kristen yang mencoba melakukan interpretasi Alkitab dengan pendekatan ini Baca Selanjutnya…

12 Tanggapan

  1. Hermenetika hanyalah cara/metode/jalan dalam mentafsir kitab suci atau pesan Tuhan. Sebenarnya islam sendiri mempunyai tafsir Al-Qur’an. Akan tetapi, penggunaan hermenetika dalam islam adalah suatu kewajaran. Karena Hermenetika itu sendiri hanyalah cara bukan ibadah. Selama penggunaannya tidak terlalu menuju ketradisi bible. Karena Hermenetika itu sendiri bukan berasal dari bible, tradisi dalam bible hanyalah cara yang dilakukan oleh orang-orang bible ( umat kristen)

  2. Hermenetika hanyalah cara/metode/jalan dalam mentafsir kitab suci atau pesan Tuhan. Sebenarnya islam sendiri mempunyai tafsir Al-Qur’an. Akan tetapi, penggunaan hermenetika dalam islam adalah suatu kewajaran. Karena Hermenetika itu sendiri hanyalah cara bukan ibadah. Selama penggunaannya tidak terlalu menuju ketradisi bible. Karena Hermenetika itu sendiri bukan berasal dari bible, tradisi dalam bible hanyalah cara yang dilakukan oleh orang-orang bible ( umat kristen)

    nama : Alvarisi
    NIM : 1091109952
    Kelas : Khusus SMA
    Jurusan : Tarbiyah
    Semester : 1
    STAIN PONTIANAK

  3. Hermenetika adalah Metode/cara/jalan dalam mentafsir kitab suci atau pesan Tuhan. Sebenarnya islam sendiri mempunyai tafsir Al-Qur’an. Akan tetapi, penggunaan hermenetika dalam islam adalah suatu kewajaran. Karena Hermenetika itu sendiri hanyalah cara bukan ibadah. Selama penggunaannya tidak terlalu menuju ketradisi bible. Karena Hermenetika itu sendiri bukan berasal dari bible, tradisi dalam bible hanyalah cara yang dilakukan oleh orang-orang bible ( umat kristen)
    nama : sahulan
    nim : 1091109994
    jurusan: tarbiyah
    semister : 1
    STAIN PONTIANAK

  4. Hermenetika merupakan metodelogi penafsiran ayat” suci al-qur’an dan cara untk mengembangkan dan memahami teks dgn cara mencari makna yg telah dalam dan sekedar pengertian literal. Pada dasarnya hermenetika merupakan metodelogi bangsa barat yg di adopsi oleh para mufassir dan dari kalangan islam. Ada juga pembenaran yang bersifat histori terhadap pemahaman ini, karena kata hermenetika pada era modern memang digunakan untuk menafsirkan kitab suci, akan tetapi hermenetika bukanlah penafsiran melainkan metodeloginya saja
    NAMA :M. AMIN
    NIM : 1091109990
    JURUSAN : TARBIYAH
    STAIN PONTIANAK

  5. Heremenetika merupakan metodologi penafsiran ayat” suci al-qur’an dimana hermenetika pada dasarnya merupakan metodelogi penafsiran bangsa barat yang diadopsi oleh para mufassir dari kalangan islam
    Ada pembenaran yang bersifat historis terhadap pemahaman ini karena kata hermeneutika pada era modern memang digunakan untuk menafsirkan kitab” sucu al-qur’an akan tetapi hermeneutika bukanlah isi penafsiran melainkan metodeloginya.
    nama : M. ALI
    NIM : 1091109962
    JURUSAN : TARBIYAH
    STAIN PONTIANAK

  6. Heremenetika merupakan metodologi penafsiran ayat” al-qur’an dimana hermenetika pada dasarnya merupakan metodelogi penafsiran bangsa barat yang diadopsi oleh para mufassir dari kalangan islam. Ada pembenaran yang bersifat historis terhadap pemahaman ini karena kata hermeneutika pada era modern memang digunakan untuk menafsirkan kitab” sucu al-qur’an akan tetapi hermeneutika bukanlah isi penafsiran melainkan metodeloginya.
    nama : M. ALI
    NIM : 1091109962
    JURUSAN : TARBIYAH
    STAIN PONTIANAK

  7. Heremenetika merupakan metodologi penafsiran ayat” suci al-qur’an dimana hermenetika pada dasarnya merupakan metodelogi penafsiran bangsa barat yang diadopsi oleh para mufassir dari kalangan islam.
    NAMA : KHOLIFATUL MAMNUNAH
    NIM :

  8. Menurut hemat saya apa yang disebut dengan ” Tafsir ” dalam tradisi islam kenyataannnya adalah wilayah yang lentur dan fleksibel. Tidak ada metode tafsir yang tunggal dalam islam. Begitu pula perkembngan tafsir kan makin beragam. Semakin jauh dari periode Nabi semakin ragam pula corak tafsir yang berkembang, sebab tafsir tidak pernah mengenal metode baku. Al-Qur’an yang demikian multi interpretable bukan tidak mungkin ” Meminjam ‘ Hermeneutika sebagai metode untuk memahami teks atau pesan dalam Al-Qur’an. Karena Hermaneutika adalah sebuah metodolgis atau cara untuk menterjemahkan sesuatu yang berkenaan dengan teks. Memang pertama-tamanya hermaneutika sebagai cara untuk menafsirkan bible, tetapi kini haermaneutika merupakan bidang filsafat tersendiri yang independen. Maka untuk menjawab tantangan sosial yang menuntut pamahaman menyangkut tradisi pemahaman al-qur’an, kanapa tidak untuk hermeneutika ? Karana itu hanayalah sebuah metode bukan untuk ibadah. Sebagaimana yang dikatakan oleh sahabat Ali bahwa ” Qur’an adalah hammalun dzu wujuh, kitab suci yang mengandung banyak kemungkinan tafsir”.
    NAMA : sITI sYARI’AH
    KELAS : D2 Khusus / SEMESTER I
    STAIN PONTIANAK

  9. Al-Qur’an adalah kitab Allah yang terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Ruhul Amin, atau yang ditandai dengan suara gemerincing yang menunjukkan isyarat awal akan turunnya Wahyu Ilahi. Banyak pendekatan untuk memahamai makna al-qur’an yangmana kitab suci ini di jadikan sebagai pedoman atau petunjuk bagi ummat, didalam mengelola dunia fana ini.Salah satunya yang menarik setelah Hermneutika adalah living Qur’an. Disinilah upaya interprestasi guna memahami pesan al-qur’an untuk menjawab tuntutan sosial yang makin kritis ini.
    Nama : Ismi Wahidatun
    Kelas : D2 Khusus / Smt I
    STAIN PONTIANAK

  10. Maaf, NAMA YANG DIATAS SALAH KIRIM

  11. Al-Qur’an adalah kitab Allah yang terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Ruhul Amin, atau yang ditandai dengan suara gemerincing yang menunjukkan isyarat awal akan turunnya Wahyu Ilahi. Banyak pendekatan untuk memahamai makna al-qur’an yangmana kitab suci ini di jadikan sebagai pedoman atau petunjuk bagi ummat, didalam mengelola dunia fana ini.Salah satunya yang menarik setelah Hermneutika adalah living Qur’an. Disinilah upaya interprestasi guna memahami pesan al-qur’an untuk menjawab tuntutan sosial yang makin kritis ini.
    Nama : Ismi Wahidatun
    Kelas : D2 Khusus / Smt I
    STAIN PONTIANAK

  12. Al-Qur’an adalah kitab Allah yang terakhir diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Ruhul Amin, atau yang ditandai dengan suara gemerincing yang menunjukkan isyarat awal akan turunnya Wahyu Ilahi. Banyak pendekatan untuk memahamai makna al-qur’an yangmana kitab suci ini di jadikan sebagai pedoman atau petunjuk bagi ummat, didalam mengelola dunia fana ini.Salah satunya yang menarik setelah Hermneutika adalah living Qur’an. Disinilah upaya interprestasi guna memahami pesan al-qur’an untuk menjawab tuntutan sosial yang makin kritis ini, karena al-qur’an redaksi bahasanya yang bersifat global. Maka metode living qur’an ini saya pikir cocok untuk digunakan.
    Nama : ISMI WAHIDATUN
    Kelas : D2 KHUSUS /SMT I
    STAIN PONTIANAK
    Nama : Ismi Wahidatun
    Kelas : D2 Khusus / Smt I
    STAIN PONTIANAK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: