Mengupas Sunan Abi Daud

Artikel singkat ini diorientasikan pada beberapa aspek bagian dari isi kitab Sunan Abi Daud ini yang telah dipilih secara cermat serta juga tak lupa mengkaji beberapa aspek terkait dari kajian kitab ini termasuk seputar kehidupan dan karya serta kiprah Abu Daud dalam studi hadits. Baca Selanjutnya…

Satu Tanggapan

  1. saya hanya menambahkan sedikit artikel yang bapak tulis
    Tentunya suatu karya tidak lepas dari kekurangan dan kritik. Adalah lbn al-Jauzi yang mencoba mengkritik kitab Sunan Abu Dawud dengan melontarkan pernyataanya bahwa dalam kitab Sunan Abu Dawud terdapat 9 hadis maudhu’. Narnun hal ini di counter balik oleh Imarn Jalaluddin al-Suyuti dalam kitabnya yang berjudul al-La’ali al-Masnu’ahfi al-Hadis al-Maudhu’ah. Contoh hadis yang dikritik oleh al-Jauzi adalah hadis tentang shalat tasbih. Hadis tersebut dianggap dha’if, karena menuntnya diternukan satu rawi, yaitu Musa bin Abdul Aziz termasuk rawi yang majhul.
    Tetapi hal tersebut disangkal oleh al-Suyuti bahwa hadis tersebut juga duriwayatkan oleh lbn Musyaiyab dan al-Hakim yang bersumber dari lbn Abbas. Dan al-Turmudzi meriwayatkanya dari Abu Rafi’. Jadi hadis tersebut tidak maudhu’ tetapi malahan dha’if.

    Bagaimanapun juga Abu Dawud adalah ulama besar dalam bidang hadis, dia masuk dalam kitab-kitab mu’tabar, yaitu Kutub al-Sittah (Shohih Imam al- Bukhori, Shihih Imam Muslim, Sunan at-Turmudzi Sunan an-Nasa’l Sunan Abu Dawud, Sunan lbn Majah). Kitab-kitab mu’tabar adalah kitab-kitab yang sudah dapat dijadikan sandaran kehujjahan hukum, sebab didalam kitab Sunan Abu Dawud berisi hadis-hadis shohih, walaupun ada beberapa hadis dho’if dan maudhu’ tetapi porsinya kecil.
    Sebagai generasi setelahnya, perlu berterima kasih atas kerja kerasnya mengumpulkan dan meriwayatkan beribu-ribu hadis Rasulullah Muhammad Saw, sehingga dapat mengkaji syari’at Islam lebih lanjut. Sebab hadis adalah sumber ajaran syari’at Islam yang kedua setelah al-Qur’an, dan berfungsi menjelaskan pesan-pesan (firman Allah) yang masih global.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: